BERITA SEKOLAH

Volunteer Week and Youth Volunteer Competition

Blog Single

Volunteer Week atau yang biasa disingkat sebagai "VW" merupakan  perlombaan kepalangmerahan tingkat nasional yang diadakan oleh KSR UNS. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai PMR & KSR dari seluruh nusantara. VW diadakan setiap 2 tahun sekali dan selalu diikuti oleh PMR Wira SMA N 1 Klaten.

            Biasanya VW dilaksanakan secara offline hingga beberapa hari. Tahun ini, VW yang ke-8, cukup berbeda. Selain dilaksanakan secara online, jenis perlombaannya pun cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lomba ini terdiri dari 2 tingkatan, yaitu tingkat PMR Wira dan KSR. Untuk tingkat PMR Wira sendiri, ada 4 jenis lomba, yaitu Konten Pertolongan Pertama, Esai, Monolog, dan Rancangan Kegiatan. Kami mengikuti keempat jenis lomba tersebut.

            Kami mendapatkan informasi mengenai lomba ini dari sosial media seperti instagram resmi dari VW. Dari sinilah, kami mendaftar sebagai kontingen PMR Wira SMA N 1 Klaten. Kami mengikuti seluruh petunjuk dengan sistem online. Terdapat berbagai rangkaian kegiatan mulai dari pembuatan karya, pengumpulan karya, opening ceremony, hingga puncak acara yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan. Setelah mendaftar, kami mengikuti technical meeting menggunakan aplikasi zoom. Lalu, kami mendapatkan waktu sekitar satu bulan untuk membuat karya, dari semua jenis lomba. Setelah itu, kami mengikuti opening ceremony dan berbagai rangkaian acara seperti Vowee Talk, Vowe Challenge, Vowee Game, dan masih banyak lagi, yang juga menggunakan aplikasi zoom.

(Technical Meeting melalui zoom)

(Seleksi Teori Pertolongan Pertama melalui zoom)

            Mengapa Recsa memilih mengikuti lomba ini? Yang pastinya untuk menambah wawasan dan dapat berkarya meskipun dalam masa pandemi seperti ini. Pengalaman yang didapatkan juga luar biasa, menambah teman, menjadi relawan yang senantiasa membantu, bahkan dapat memperoleh juara dan penghargaan karena lomba ini diadakan tingkat nasional.