BERITA SEKOLAH

Dan…Inilah Cerita Menarik Para Juara Duta Genre dari SMAN 1 Klaten

Blog Single

 

Roina Salsa Bila

Pada awalnya saya mengikuti pemilihan duta  genre karna ditunjuk oleh teman - teman PIK-R di desa saya, kemudian saya mencoba mencari informasi di internet mengenai pemilihan duta genre ini, apa saja yang harus saya persiapkan. setelah melihat pengalaman orang - orang di internet tentang pengalaman mereka mengikuti pemilihan duta ini, saya pun memberanikan diri untuk mendaftar namun saya tidak berharap banyak untuk jadi juara karna saya merasa tidak ada yang istimewa pada diri saya , hanya sebatas ingtin mencari pengalaman saja.

Tanggal 17 april 2021 saya mengunggah foto twibon dan video di akun instagram pribadi saya dengan syarat yang sudah ditentukan.Tentu awalnya saya merasa sedikit malu jika akan dilihat teman - teman saya nantinya namun saya mencoba mengabaikan pikiran tersebut.Kemudian pada tanggal 19 april 2021 pukul 11.00 siang saya mengerjakan tes tertulis melalui google form dan pada malam harinya saya melakukan tes wawancara secara online. Saya merasa tidak ada hambatan sedikitpun pada hari itu , kemudian hari berikutnya saya dinyatakan lolos seleksi pertama  dan langsung diundi mengenai materi yang akan dibawakan pada tes public speaking pada pertemuan pertama.

Public speaking di laksanakan pada tanggal 22 april 2021 pukul 08.00 - 03.00 di aula kantor DISSOSP2AKB. saya mendapatkan materi PUP (pendewasaan usia perkawinan) dan saya akan menampilkan video lifeskill yang sudah saya siapkan malam harinya. saya maju paling akhir karna pada pagi harinya saya masih mengikuti peniliaian harian 2 mata pelajaran sakaligus. kemudian pada tanggal 25 april saya melihat unggahan foto di akun resmi Genre Klaten , nama saya tercantum paling akhir, saya juga melihata nama kedua teman RECSA saya juga lolos di seleksi terakhir ini.  Saya senang mereka juga lolos dan akan berjuang bersama dengan saya nantinya.

Beberapa ide maupun usulan diberikan pada masing- masing peserta lalu disepakati bersama bahwa kami akan menampilkan flasmob singkat karna mengingat waktu yang sangat mepet untuk nempersiapkan semuanya. Hari-hari berlalu , tiba-tiba  Dinas menyampaikan bahwa peserta harus menyiapkan kostum dan makeup sendiri, tentu kami semua panik karna hanya tersisa 4 hari saja menuju hari H. saya dan teman - teman finalis berusaha sebisa mungkin untuk mendapat sponsor yang mau bekerjasama dengan kami mengenai kostum dan makeup. setelah mencari beberapa MUA dan penyewaan kostum , akhirnya kami menemukan satu rias pengantin yang juga melayani jasa penyewaan kostum dan mau diajak kerjasama sebagai sponsor di malam puncak grandfinal nanti. satu hari sebelum hari H kami semua melakukan latihan secara langsung di grandtjokro dimana acara diselenggarakan nanti, setelah selesai latihan saya dan teman - teman finalis putri mengunjungi alamat rias pengantin untuk melakukan fiting baju. mulai hari itu juga saya sudah merasa dekat dengan mereka, sudah merasa seperti keluarga sendiri.

Tanggal 28 april 2021 diumumkan secara mendadak di grub whatsapp bahwa diadakan mentoring yang pertama , namun saya berhalangan hadir dikarenakan mengikuti tryout online yang diselenggarakan salah satu bimbingan belajar di Klaten. Pada hari berikutnya , tanggal 29 april 2021 mentoring yang kedua sekaligus pembahasan mengenai persembahan  apa yang akan kita berikan nantinya pada malam grandfinal karna ibu Bupati Klaten juga akan hadir dalam acara tersebut.

Tanggal 7 mei 2021, hari yang ditunggu - tunggu dimana hari ini juga yang menentukan siapa yang akan mendapatkan posisi pertama dan gelar sebagai duta genre kabupaten Klaten 2021. pada pukul 15:00 sore kami melakukan latihan singkat untuk memtangkan koreografi dan formasi saat dipanggung nanti, kemudian setelah itu dilanjut make up bagi finalis putri. pukul 18:00 sore saat finalis putri sudah selesai melakukan make up, finalis putra juga sudah hadir di tempat dan sudah terlihat rapi dengan kostum flashmob yag sudah disepakati bersama.

Semua finalis berpasangan  di panggung, kemudian pertanyaan dari para pejabat pun dilontarkan satu per satu kemudian dijawab dengan lancar tanpa halangan oleh para finalis. Dari hasil tersebut terpilihlah Mbak Tetria dan Mas Yifta sebagai duta genre kabupaten Klaten tahun 2021.

Saat kami  sudah siap untuk menampilkan persembahan flashmob , tiba- tiba dikabarkan bahwa Ibu Bupati tidak dapat hadir.  Namun hal itu tidak mematahkan semngat kami para finalis untuk menampilkan persembahan yang sudah disusun sedemikian rupa. Karena Ibu Bupati berhalangan hadir maka momen pengukuhan bunda genre ditiadakan di malam hari itu, waktu untuk kami ganti busana juga semakin dipersingkat, kami hanya diberikan waktu sekitar 20 menit saja untuk pakaian serumit itu. Kami saling  membantu, di momen ini saya tidak merasa ada persaingan antara satu dengan yang lain, saya merasa saya sedang bersama kakak kandung saya sendiri.

Saya tidak merasa kecewa sedikit pun karena menurut saya mereka memang pantas mendapatkannya. Saya dan Heaven mendapatkan juara 3 dan Aura harapan 1, saya bangga dengan mereka, untuk berada di titik ini saja sudah luar biasa bagi kami yang masih duduk di bangku SMA. Berapa pun juara yang diperoleh itu juga tidak ada artinya untuk saya karna yang menurut saya yang paling utama itu kami mau mencoba dan berusaha.

Saya senang mengikuti pemilihan duta ini , ini merupakan ajang perlombaan pertama saya dan para finalis lainnya. Setelah saya mengikuti pemilihan duta ini saya menemukan banyak hal positif dalam diri saya, dari mulai menemukan banyak teman baru , pengalaman baru dan mungkin menambah peluang baru untuk saya kedepannya, karna yang bisa merubah hidup saya adalah diri saya sendiri bukan orang lain.

 

Heaven Agung

 

 

 

 

 

 

Beberapa hari berikutnya diumumkan yg lolos tes ternyata saya bisa sampai masuk grandfinal, saya kaget dan berpikir "wah hoki parah nih" saya tidak tahu apa yang bisa membuat saya bisa lolos ke final. Teman saya yang dari RECSA juga pada ikut masuk ke grandfinal saya juga merasa senang

Setelah uji public speaking langsung dilanjut dengan uji bakat. Pada saat uji bakat saya memainkan gitar dan ternyata saya grogi sehingga banyak note yg salah.  Saya yakin pada saat itu tidak akan lolos karena lawannya juga sudah pada mahasiswa

Saya mengikuti pemilihan duta genre ini karena ditunjuk dan dengan sedikit perasaan terpaksa .Sebelum ikut lomba peserta disuruh untuk memposting twibbon dan video ajakan untuk mengikuti pemilihan duta genre bagi saya yg pemalu rasanya kurang pede

 

Tanggal 19 april saya mengikuti tes tulis dan mengikuti wawancara. Saat tes ini pada saat wawancara durasi saya tidak sampai 8 menit sedangkan teman teman yang lain dirasa lebih dari 8 menit saya pun tidak yakin akan lolos.Hari berikutnya diumumkan yang lolos tes tapi saya tidak menyangka saya akan lolos. Saya juga ikut senang karena 2 teman RECSA juga ikut lolos.

Selanjutnya para kakak  dari genre menginfokan jika tes kedua adalah tes public speaking. Materi untuk public speaking diberi 1/2 hari sebelum uji dan materi nya membuat sendiri.Pada saat itu saya bingung karena pada hari itu saya sedang pergi dan tidak punya dressvode yg harus dipakai tapi untungnya bisa mendapat dresscode yg ditentukan

Beberapa minggu sebelum grand final, diadakan 2 kali mentoring untuk kami semua agar nanti pada saat grandfinal bisa lancar dan ternyata pada saat grandfinal finalis diharuskan untuk menampilkan suatu pertunjukan. Lalu kami sepakat akan menampilkan flashmob saja, dimulailah latihannya. Sehari sebelum  final, diadakan gladi bersih dan dilatih cara berjalan karena saat ada grand final nya diadakan fashion show

Pada saat latihan pertama untuk flashmob kami mengadakan bukber, saya sangat senang dapat kenal dan mendapat teman baru. Hari berlalu dan tibalah h-1 final. Grand final di adakan pada hari Jumat tanggal 7 mei 2021 pada jam 8 malam. Para peserta sudah datang sejak jam 2 karena untuk menyiapkan make up.

Lomba yang dilombakan saat grand final adalah uji opini dengan pertanyaan yang diundi dan dijawab secara spontan. Saat pada pengumuman juara saya kaget karena mendapat juara 3 saya senang dan bangga pada diri sendiri karena saya pikir akan mendapat juara harapan 2.

Roina mendapatkan juara 3 Putri dan Aura mendapatkan juara harapan 1. saya senang mengikuti pemilihan duta ini , ini merupakan ajang perlombaan pertama saya. setelah saya mengikuti pemilihan duta ini saya menemukan banyak hal positif dalam diri saya, dari mulai menemukan banyak teman baru , pengalaman baru dan mungkin menambah peluang baru untuk saya kedepannya, karna yang bisa merubah hidup saya adalah diri saya sendiri bukan orang lain.

Bagi saya perlombaan duta genre ini seperti iseng iseng berhadiah karena yang tadinya ditunjuk untuk mengikuti pemilihan hingga bisa meraih juara 3. Pengalaman yang sangat mengagumkan.

 

Aura Widiya Paramitha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saya mengikuti Pemilihan Duta Genre karena diberikan kesempatan oleh teman - teman PIK-R di sekolah, kemudian saya mencari informasi melalui sosmed mengenai Pemilihan Duta Genre ini, serta mempersiapkan persyaratan yg ditentukan.

Sebelum uji tahap pertama para peserta diwajibkan utk mengupload foto twibbon dan video ajakan berpartisipasi dalam pemilihan ini di akun instagram pribadi dengan syarat yang sudah ditentukan.

Pada tanggal 19 April 2021, siang hari dimulai dengan uji pertama yaitu uji tertulis melalui online (google form) dan dilanjutkan uji wawancara secara online melalui aplikasi Zoom. Hari berikutnya saya dinyatakan lolos seleksi pertama yg diumumkan melalui instagram @genreKlaten_ dan langsung diundi mengenai materi yang akan dibawakan pada uji tahap selanjutnya yaitu uji public speaking dan uji bakat.

Uji public speaking dan uji bakat tsb di laksanakan pada tanggal 22 April 2021 pukul 8 pagi sampai 3 sore di aula kantor DISSOSP2AKB Kab. Klaten.  Pada sesi uji public speaking saya memapakan materi tentang PIK-R dan menampilkan bakat saya yaitu bernyanyi pada sesi uji bakat dengan judul lagu "Bahasa Kalbu - Titi Dj".

Pada tanggal 25 April unggahan di akun resmi @genreKlaten_ , tercantum 5 pasang nama peserta yg lolos ke tahap Grand Final Pemilihan Duta Genre Kab. Klaten 2021. Saya dan 2 teman saya berhasil lolos ke tahap GF.

1. .. & ..

2. .. & ..

3. .. & ..

4. Aura Widiya Paramitha (PIKRANSA) &  ..

5. Roina Salsa Bila (PIK-R SEKAWAN Desa Karangnongko) & Heaven Agung (PIKRANSA)

Tanggal 28 April 2021 melalui grup WhatsApp Finalis Duta Genre bahwa diadakan mentoring pertama bersama Duta Genre Putri 2020 dan Duta Genre Putra 2017(yang menjadi Panitia Acara Grand Final Pemilihan Duta Genre 2021). Berbagai pembahasan mulai dari penjelasan materi pertama, persembahan awal, persiapan materi, hingga busana yg dipakai dsb.

Berikutnya , tanggal 29 April 2021 mentoring yang kedua sekaligus pembahasan mengenai persembahan apa yang akan Finalis berikan nantinya pada malam Grand Final karena akan dihadiri para pejabat Klaten maupun Jawa Tengah serta Guest Star dalam acara tersebut.

Dinas menyampaikan bahwa peserta harus menyiapkan busana (gaun pesta) dan makeup sendiri, tentu kami semua panik karena hanya tersisa 4 hari saja menuju hari H. Saya dan teman - teman finalis berusaha sebisa mungkin untuk mendapat sponsor yang bisa bekerjasama dengan kami mengenai kostum dan makeup. Setelah mencari beberapa MUA dan penyewaan gaun , akhirnya kami menemukan satu tempat yaitu Ungu Rias Pengantin dan bersyukur bisa diajak kerjasama sebagai sponsor di malam puncak Grand Final nanti.

Pada H-1 sebelum hari H kami semua melakukan Gladi Bersih secara langsung di Hotel Grand Tjokro dimana acara diselenggarakan nanti, setelah selesai latihan saya dan teman - teman finalis putri mengunjungi alamat rias pengantin tsb untuk fitting baju. Tanggal 7 Mei 2021, adalah hari H, hari yang ditunggu - tunggu yaitu menentukan siapa yang akan mendapatkan posisi pertama dan gelar sebagai Duta Genre Kab. Klaten 2021.

Pukul 3 siang kami para finalis melakukan latihan singkat untuk mematangkan koreografi dan formasi saat dipanggung, setelah latihan selesai Finalis Putri berkumpul di Backstage (ruang make up) untuk make up dan persiapan busana atau gaun yg akan di pakai.

Pukul 6 sore saat finalis putri dan putra sudah siap dan hadir di tempat dengan kostum pertama untuk flashmob (persembahan) yang sudah disepakati bersama.

Saat finalis semua sudah siap untuk menampilkan persembahan flashmob, info mendadak bahwa Ibu Bupati Klaten tidak dapat hadir dalam acara tsb, namun hal itu tidak mematahkan semangat para finalis untuk menampilkan persembahan yang sudah disusun sedemikian rupa karena tetap ada pejabat dan berbagai guest star dari Jawa Tengah. Dikarenakan Ibu Bupati Klaten berhalangan hadir maka momen "Pengukuhan Bunda Genre" ditiadakan di malam hari itu, waktu untuk kami ganti busana kedua juga semakin dipersingkat, kami hanya diberikan waktu sekitar 20 menit saja untuk pakaian gaun serumit itu. Para finalis saling membantu, di momen ini saya tidak merasa ada persaingan antara satu dengan yang lain, saya merasa saya sedang bersama kakak - kakak saya sendiri.

Para finalis berpasang - pasangan dipanggung, untuk uji opini, kemudian pertanyaan dari para pejabat pun dilontarkan satu persatu dan dijawab oleh para ke-5  pasang finalis dengan lancar tanpa halangan. Setelah itu pengumuman pemenang, yang dinobatkan sebagai Duta Genre Kabupaten Klaten 2021 adalah mbak Tetria dan mas Yipta (salah satu mahasiswa/i  di Universitas Yogyakarta) Saya mendapat Juara Harapan 1 ( peringkat 4 besar ), teman saya Heaven Agung dan Roina Salsa Bila Juara 3 ( peringkat 3 besar )

Saya senang mengikuti pemilihan duta ini , ini merupakan ajang pemilihan Duta pertama saya dan para finalis lainnya. Saya senang bisa belajar bersama kakak - kakak dan teman - teman finalis lain, menemukan keluarga baru, pengalaman baru dan mungkin menambah peluang baru untuk saya kedepan.

Sampai berada di titik ini saya sangat bersyukur diberikan kesempatan dan pengalaman yg luar biasa. 

 

Share this Post: