BERITA SEKOLAH

Produktif di Masa Pandemi ‘Gracelynne Sang Penulis’

Blog Single

Produktivitas di Masa Pandemi 

Masa pandemi bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk terus produktif melakukan hal-hal yang positif. Produktifitas itu salah satunya ditunjukkan oleh salah seorang siswi SMA Negeri 1 Klaten yaitu Eufrasia Andranetta Gracelynne Eka Pramudita. Siswi yang kerap disapa Gracelynne ini membuktikan bahwa meskipun di masa pandemi, hal itu tidak menghalangi kreativitasnya dalam menciptakan sebuah karya untuk banyak orang.

Produktifitas Gracelynne ia buktikan dengan keberhasilannya menerbitkan sebuah buku kumpulan cerpen. Buku kumcer ini merupakan buku perdana Gracelynne yang telah terbit. Kumpulan cerpen berjudul “Rumah Pohon Istimewa” ini sebenarnya merupakan kumpulan cerpen yang telah ditulis Gracelynne sejak lama. Ia mulai menulis kumcer tersebut pada usia 8  tahun dan berhasil ia selesaikan saat ia menginjak kelas 5 SD. Akan tetapi, kumpulan cerpen tersebut hanya ia simpan di komputer. Namun, atas izin Tuhan, di usianya yang menginjak 17 tahun, Gracelynne diberi kesempatan untuk dapat memiliki sebuah buku hasil karyanya sendiri.

Awal Mula Ketertarikan

Menulis sebenarnya merupakan hobi yang ditekuni Gracelynne sejak kecil. Berawal dari kegemarannya membaca buku-buku cerita, kumcer, dan novel anak, ia memutuskan untuk perlahan-lahan terjun ke dunia sastra dengan menulis cerita-cerita pendek di komputer. Bagi Gracelynne, menulis menjadi salah satu aktivitas penghilang rasa jenuhnya. Hingga saat ini, Gracelynne masih sering menulis di sela-sela kesibukannya sebagai pelajar kelas 11 SMA Negeri 1 Klaten.

Gracelynne selalu berkata bahwa menulis merupakan penggambaran dari segala hal yang tidak dapat diungkapkan dengan bibir. Gracelynne mulai tertarik untuk menulis cerita karena pada saat itu, ia senang membaca novel-novel KKPK di mana penulisnya merupakan anak-anak seusianya. Dari situlah, ia memiliki tekad untuk dapat menerbitkan buku sendiri. Akan tetapi, angan dan cita-cita semasa kecilnya tersebut perlahan pupus dan hilang begitu saja.

Awal mula proses penerbitan buku ini yaitu bermula dari orang tua Gracelynne yang mengetahui anaknya sempat tertarik dengan dunia menulis saat kecil. Orang tua Gracelynne lantas membantu Gracelynne untuk mengumpulkan karya-karyanya dulu dan membantu Gracelynne untuk dapat menerbitkan buku perdananya ini.

Tentang Buku

Buku perdana Gracelynne ini merupakan buku terbitan penerbit Funread Indonesia Yogyakarta yang beralamat di Griya Pesona Asri B11, Jalan Imogiri Barat KM 7,5 Yogyakarta. Buku berjudul “Rumah Pohon Istimewa” ini berjumlah 76 halaman. Buku ini ditulis oleh Eufrasia Andranetta Gracelynne Eka Pramudita, siswi kelas 11 SMA Negeri 1 Klaten. Buku ini merupakan buku kumpulan cerpen di dalamnya terdapat beberapa cerita pendek menarik yang ditulis oleh Gracelynne. Inspirasi dan ide-ide cerita pendek di dalam buku ini berasal dari pengalaman dan imajinasi masa kecil dari penulis. Pada saat penulis mengalami suatu peristiwa penting dan unik, atau pada waktu penulis tengah berimajinasi dan bermain dengan pikirannya sendiri, penulis mencatat ide tersebut dan menuangkannya dalam bentuk tulisan berupa cerita pendek. Buku ini telah ber-ISBN dan dapat dijumpai di seluruh toko buku di Indonesia. Buku ini telah tersedia di perpustakaan SMA Negeri 1 Klaten atau apabila teman-teman mau membelinya, buku dengan harga Rp40.000,00 ini sudah tersedia di seluruh toko buku di Indonesia. Gracelynne sungguh mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Guru, dan teman-teman yang telah mendukung dan memotivasi Gracelynne dalam perjalanan menulisnya. Semoga Gracelynne dapat menciptakan karya-karya yang lebih banyak lagi dan tentunya membawa manfaat bagi banyak orang.

Share this Post: