BERITA SEKOLAH

Gema Emansipasi di Masa Pandemi, Peringatan Hari Kartini di SMA N 1 KLATEN TAHUN 2021

Blog Single

KLATEN. Selasa, 21 April 2021 SMA N 1 Klaten mengadakan peringatan hari kartini dengan tema “Padmawijaya Marvelous Kartini’s Day Celebration (PASSION)” Tahun 2021. Kegiatan ini diawali dengan apel pagi di Lapangan SMA N 1 KLATEN yang dihadiri oleh Bapak dan Ibu guru Smansa. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Smansa Klaten Official.

Walaupun masih dalam masa pendemi, kegiatan apel pagi tersebut berlangsung secara khidmat dan bermakna. Sebagai salah satu bentuk emansipasi sekolah, petugas apel pagi dalam rangka hari Kartini seluruhnya dilaksanakan oleh Ibu guru Smansa Klaten yaitu, Ibu Dra. Sri Listyorini, M.Pd. sebagai pemimpin apel, Ibu Resmiyati, M.Pd. sebagai pembawa acara, dan Pembina apel Ibu Dra. Tri Ratna Ainun. Dalam pidatonya, Ibu Dra. Tri Ratna Ainun menyampaikan bahwa hari kartini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Aktivitas mayoritas dilakukan dirumah termasuk mendampingi putra-putrinya belajar dan mengajar jarak jauh. Aktivitas belajar di rumah memungkinkan ibu-ibu Indonesia berperan ganda, yaitu mengasuh sekaligus mendidik bagi anaknya. Ungkapan Ibu adalah sekolah pertama bagi anak tidak hanya benar, namun terkonfirmasi secara tepat di saat pandemi Covid-19 ini. Peran Ibu cukup relevan, menantang, sekaligus rentan dalam  penentu tidak hanya bidang pendidikan, namun juga pelayanan kesehatan, ekonomi domestik dan rumahtangga.

Kegiatan peringatan hari Kartini SMA N 1 KLATEN dilanjutkan dengan acara live Youtube Smansa Klaten Official dengan runtutan acara yaitu sambutan ketua Panitia oleh Saudari Greslin, sambutan Bapak Kepala Sekolah Drs. Sutrisno, M.Pd.  Beliau  menyampaikan bahwa perempuan Millenial di Smansa Klaten terus menerus mengembangkan kreativitas dan Inovasi di masa pandemi demi peradaban yang lebih baik.

Acara dilanjutkan dengan untaian Bait-bait puisi oleh Ibu-ibu Smansa Klaten antara lain Kartini adalah kita. Kita dengan berbagai macam profesi, peran, sudut pandang yang optimal namun tidak mengesampingkan kodratNya sebagai seorang Ibu. Teruslah bermimpi agar hidup wahai Kartini milenial, walau terkadang kesulitan harus dilalui sebelum kebahagiaan sempurna datang.

Penampilan  teater “sapu lidi” dengan mini drama yang berjudul “Perjuangan Kartini” juga  menyita perhatian dalam kegiatan kali ini. Mini drama tersebut menyajikan biografi seorang Kartini, cita-cita Kartini menjadi guru, perjuangan Kartini memperoleh kesetaraan pendidikan, dan minatnya yang besar terhadap pendidikan tersebut ia tuangkan dalam surat-surat yang ia tujukan kepada temannya di Belanda. Kumpulan surat tersebut dikumpulkan oleh pemerintah Hindia Belanda, dan dibukukan dengan judul “dari Gelap menuju Cahaya” atau sekarang lebih dikenal dengan “Habis gelap terbitlah terang”.

Kegiatan live Youtube terakhir menyajikan pemenang lomba short movie dalam memeriahkan hari Kartini, yang dimenangkan oleh kelas XI Mipa 9, XI Mipa 10, dan kelas X MIPA 4.

Kegiatan Peringatan Hari kartini tahun 2021 ini sebagai wujud pengingat diri, bahwa semangat kartini harus tumbuh dihati  walau di masa pandemi, maju terus perempuan Indonesia, nuwuhaken semangat Kartini, Junjung Inggil Emansipasi!

 

Humas_SMA N 1 Klaten_April_2021

Share this Post: