BERITA SEKOLAH

In House Training (IHT) Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Rencana Kerja Sekolah (RKS) SMA N 1 KLATEN

Blog Single

Rumangsaa Handarbeni lan Meluo Ngrungkepi, ungkapan ini disampaikan oleh Bapak Pengawas, Bapak Maryanto, M.Pd dalam kegiatan In House Training (IHT) SMA N 1 KLATEN. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis-Jumat, tanggal 25-26 Februari 2021 di Ruang Auditorium SMA Negeri 1 Klaten dengan Protokol Kesehatan yang Ketat. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan karyawan SMA N 1 Klaten dengan narasumber antara lain : Kepala Cabang Dinas  Wilayah V Provinsi Jawa Tengah Bp Nasikin, S.STP, M.Kom, Ketua Tim penilai PAK Kabupaten Klaten Bp Suharja, S.Pd., M.Si., Pengawas SMA N 1 Klaten Bp Maryanto, M.Pd, dan Ketua Tim Pengawas SMA Bp Wahyu Tri Purnomo, M.Pd.  

Dalam kegiatan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Bapak Nasikin, S.STP., M.Kom selaku Kepala Cabang Dinas wilayah V Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menekankan pentingnya Branding sekolah. Branding SMA N 1 Klaten yang mempunyai nilai unggul sesuai visi misi sekolah dan mengintegrasikan berbagai aspek sekolah seperti : Sumber Daya Manusi (SDM), Regulasi (sistem informasi), dan Dana. Branding SMA N 1 Klaten yang telah dibuat hendaknya sesuai dengan Visi, Misi, Program, dan kegiatan sekolah, membuat analisis SWOT terhadap program yang dilaksanakan, membangun komitmen Bersama seluruh civitas sekolah, dan mengkampanyekan program unggulan dalam berbagai media sosial sekolah (Web, IG, FB, dll).

Hal tersebut sejalan dengan Bapak Suharja, S.Pd., M.Si selaku Ketua Tim Penilai PAK Kabupaten Klaten. Kinerja pegawai di lingkungan SMA N 1 Klaten merupakan bentuk tanggungjawab bersama seluruh civitas sekolah. Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang baik dan benar merupakan hak dan kewajiban pegawai dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pegawai. Beliau menekankan perlunya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang terdiri atas pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovasi sebagai bentuk ikhtiar guru dalam meningkatkan kualitas pegawai SMA N 1 KLATEN.

 In House Training (IHT) pada hari kedua, Jumat 26 Februari 2021 mengangkat topik tentang penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS). Kegiatan tersebut dipandu oleh Bapak Maryanto, M.Pd. selaku pengawas SMA N 1 KLATEN. Penyusunan RKS hendaknya menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, dan pengawasan dengan mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Penyusunan rencana kerja sekolah diharapkan melibatkan sumberdaya sekolah secara ekonomis, efisien, efektif, berkeadilan, berkelanjutan, dengan memperhatikan kesetaraan seluruh warga sekolah.

Pada sesi terakhir IHT SMA N 1 Klaten, seluruh peserta diminta menuliskan kendala utama dalam penyusunan rencana kerja sekolah (RKS) dan mendiskusikan langkah pemecahan masalahnya. Bapak Wahyu Tri Purnomo, M.Pd. selaku koordinator pengawas SMA menyampaikan bahwa indikator keberhasilan sekolah dalam menyusun RKS adalah menetapkan program sekolah, menetapkan kegiatan rutin/ regular, membuat rencana kerja tahunan sekolah dengan menyesuaikan pada biaya operasional, sumber pendanaan dan anggaran sekolah sesuai yang diamanatkan pada PP No. 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan.

Dengan kegiatan In House Training (IHT) diharapkan seluruh guru dan karyawan SMA N 1 KLATEN dapat berpartisipasi aktif dalam penyusunan rencana kerja sekolah (RKS), dan mampu menyusun sasaran kerja pegawai (SKP), mampumemecahkan masalah sekolah, dan masalah jenjang karir pegawai  dengan lebih optimal, efektif, dan berdaya guna bagi diri sendiri, sekolah, dan masyarakat.

 

Humas_SMA N 1 Klaten_Februari 2021

Share this Post: