BERITA SEKOLAH

Hijau sekolahku dengan aksi Tanam Anggrek

Blog Single

Aksi Tanam Anggrek di SMAN 1 Klaten

Aksi tanam anggrek (30/08/19), merupakan salah satu kegiatan aksi di hari Jum’at yang  dilaksanakan oleh siswa-siswi SMAN 1 Klaten.

Anggrek merupakan salah satu species yang memiliki nilai eksotik dan ekonomis. Sebagai salah satu andalan species Indonesia, anggrek menjadi prioritas konservasi yang mencakup save (penyelamatan), study (penelitian) dan use (pengembangan sehingga menjadi komoditas yang bernilai sosial dan ekonomis).

Kegiatan tanam anggrek ini bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada siswa siswi dan juga warga sekolah akan pentingnya keanekaragaman hayati. Diharapkan dengan kegiatan ini, seluruh warga sekolah tergerak untuk melakukan konservasi dimulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah maupun sekolah mereka sendiri. Konservasi ini dengan melakukan kegiatan yang paling sederhana yaitu menanam dan merawat anggrek. Para siswa wajib merawat tanaman di sekolah layaknya mereka merawat tanaman di rumah. Aktivitas yang mereka lakukan adalah seperti menyiram dan menyemprot tanaman dengan pestisida.

Kegiatan tanam anggrek ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pelestarian keanekaragaman hayati dan juga sebagai salah satu upaya untuk menuju sekolah adiwiyata mandiri.

Share this Post: