Berita

DIANPINSA : WUJUD USAHA DIPONEGORO-DEWI SARTIKA

28 Oktober 2017 | Penulis : resmiyati

Salam Pramuka!

          Siapa yang tak kenal DA? Salah satu organisasi besar di SMA N 1 Klaten yang telah berdiri puluhan tahun. Nah, tahun ini DA Smansa kembali menyelenggarakan event tahunan mereka yakni DIANPINSA

 ( Gladhi Pimpinan Sangga ) yang bertemakan “Hastabrata”. Kata “Hastabrata” bermakna 8 sifat ideal yang harus dimiliki seorang pemimpin menurut ajaran budaya Jawa.

Dalam acara ini, DA Smansa menekankan pada sifat “Mahambeg Mring Surya” yang berarti seorang pemimpin harus dapat memberi energi posifif bagi orang disekitarnya, baik itu sebuah solusi,semangat,maupun inspirasi seperti matahari.

Pasti pembaca bertanya-tanya mengapa daritadi acara ini bicara soal pemimpin. Yap benar sekali bahwa DIANPINSA diselenggarakan sebagai salah satu usaha melahirkan sosok-sosok pemimpin baru, dalam hal ini yaitu Pinsa (pimpinan sangga), wapinsa (wakil pimpinan sangga), dan Calon Dewan Ambalan Diponegoro-Dewi Sartika ke-25.

Acara ini dilakukan secara 2 tahap yakni pada tanggal 21-22 Oktober 2017 dan 28-29 Oktober 2017. Pengisi acara ini semua merupakan pembicara serta pemateri yang luar biasa. Para peserta mendapatkan materi seputar kepramukaan,kepemimpinan,dan organisasi. Mereka juga diajari bagaimana belajar menjadi pemimpin yang baik dan dapat menjadi panutan bagi anggota lain.

Selanjutnya harapan Dewan Ambalan Diponegoro-Dewi Sartika ini semoga para peserta dapat mengambil pelajaran banyak dari acara ini dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi seorang pemimpin yang cakap dan tentunya mampu mencetak pemimpin baru dikemudian hari.

 

Oleh: Fredrich-ILG JUNIOR JURNALISTIK


Kategori: Kegiatan | Tag: -