Berita

Gondok Gak Bikin Kapok

01 Agustus 2017 | Penulis : resmiyati

 

Sekolah favorit di Kabupaten Klaten, SMA N 1 Klaten kembali menunjukkan prestasi dan keunggulannya,terutama dalam bidang akademis. Kali ini kontribusi piala kejuaraan dilakukan oleh ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja ( KIR ). Tim KIR  yang beranggotakan Rakanda Paritusta D. ( XI MIPA 6 ) , Riski Fauziah Salma ( XI MIPA 6 ), Muhammad Ricky Ferdian ( XI MIPA 10) dan Farah Devi Amalia ( XI MIPA 6 ) berhasil menjadi juara 2 dalam ajang tahunan Krenova 2017 tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Klaten pada Selasa (17/07).

Tim KIR SMA N 1 Klaten berhasil menyisihkan 8 peserta lain darI SMA/SMK Kabupaten Klaten sekaligus menjadi satu-satunya SMA yang menjadi juara dalam ajang krenova 2017. Sementara itu, juara 1,3,4,5 secara berurutan diraih oleh SMK N 2 Klaten,SMK N 2 Klaten,SMK  YP Delanggu,dan SMK Kristen 5. Tentunya para juara ini mendapat hadiah yaitu Juara 1 : piagam serta dana pembinaan Rp 3.500.000 , juara 2 : piagam serta dana pembinaan Rp 2.500.000 , juara 3 : piagam serta dana pembinaan Rp 1.500.000 dan bagi juara 4 dan 5 masing-masing mendapat piagam dan dana pembinaan Rp 1.000.000.

Karya Ilmiah yang diajukan oleh Tim KIR SMANSA ialah “ Pemanfaatan Eceng Gondok sebagai Agen Kreatif di Desa Krakitan ( Bayat ).” Diambilnya tema tersebut dikarenakan kekhawatiran akan kondisi tata ruang di Rawa Jombor,hampir seperempat bagian dari luas rawa ini tertutup oleh eceng gondok. “ Rawa Jombor merupakan salah satu destinasi wisata kuliner di daerah Klaten. Sayang sekali ketika keindahan rawa ini justru tertutup oleh eceng gondok yang sebetulnya bisa dimanfaatkan oleh warga dalam mengembangkan ekonomi kreatif di desa tersebut.” Kata Riski Fauziah,saat saya mewawancarainya via whatsapp kemarin.

Perjuangan Tim KIR SMANSA tidak hanya berhenti disitu saja, 7 Agustus nanti mereka kembali dihadapkan dengan ajang krenova 2017 tingkat karesidenan mewakili Kabupaten Klaten bersama juara 1 dan 3. Selamat dan semoga sukses KIR Smansa! Jangan kapok ya dengan eceng gondok!

Ingin tahu lebih lanjut apa karya yang mereka buat? Pembaca yang terhormat bisa stalk instagram mereka di @crassipescraft atau Crassipescraftsmansa.blogspot.com.

 Oleh : ILG-juniorjurnalistik


Kategori: Prestasi | Tag: -