Berita

Simulasi 2 UNBK 2017 Berjalan Tanpa Hambatan

27 Februari 2017 | Penulis : Fandy Kurniawan, S.Pd

SMANSANEWS-. Beberapa waktu yang lalu, muncul pemberitaan moratorium tentang Ujian Nasional (UN) oleh Mendikbud beberapa waktu lalu, menyebabkan ketidakjelasan adanya UNBK. Bahkan jika memang benar terjadi moratorium UN maka UNBK diganti menjadi USBK. Namun dengan adanya penolakan moratorium oleh Presiden maka persiapan UNBK kembali digelar.

Berdasarkan informasi dari laman resmi UNBK 2017 ubk.kemdikbud.go.id  puspendik menjelaskan mengenai rencana simulasi 2 UNBK 2017. Simulasi 2 kali ini akan dilaksanakan dalam waktu yang berbeda antara SMK dan SMA/MA dan SMP/MTs. Setiap hari satu mata ujian dan dapat dilaksananakan dalam 3 sesi. Dalam simulasi ini hanya akan disimulasikan 2 mata uji saja.
 
Dalam pelaksanaannya di SMA N 1 Klaten, Simulasi 2 UNBK 2017 berfokus pada pembiasaan dalam mengerjakan UNBK. Tata cara setting server local - server pusat, server local - client, dan cara menjalankan sistem aplikasi server UNBK maupun aplikasi client UNBK.
 
Adapun tujuan Simulasi adalah sebagai berikut :
  1. Mengecek kondisi infrastruktur di sekolah
  2. Latihan proktor dan teknisi mengikuti prosedur UNBK
  3. Latihan melaksanakan ujina UNBK
  4. Mengecek sistem dan prosedur
  5. Latihan siswa dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer (bukan latihan materi ujian).
Latihan ujian atau simulasi dengan peserta didik dapat dilakukan setelah prosses sinkronisasi. Dan simulasipun baru bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh server pusat, dalam hal ini server pusat akan dibukan pada jam 08.00 - 16.00 waktu setempat selama latihan semi online ini berlangsung.
 
 
 
 
 

Kategori: Kurikulum | Tag: Integritas